Jenis Jenis Software Beserta Fungsinya

Software

Hasil gambar untuk softwareDalam membantu pengoperasian sistem komputer, software mempunyai fungsi-fungsi khusus, antara lain:

  • Mengatur berbagai perangkat keras untuk bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara perangkat lunak yang lain dengan hardware.
  • Sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin, sehingga mampu diterima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program.

 

  • Jenis-jenis Software

Sejalan dengan kemajuan teknologi, perangkat lunak telah tumbuh dengan cukup pesat. Terbukti dengan banyaknya software nan beredar saat ini, baik yang berlisensi maupun gratisan. Menurut fungsinya, ia dibagi menjadi:

  1. Sistem Operasi 

Dalam Bahasa Inggris disebut Operating System dan sering disingkat OS. Keberadaannya dalam sebuah komputer sangat penting karena tanpa sistem operasi, users tidak akan bisa menjalankan serta memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak, terkecuali booting. Ia merupakan software kompleks yang memiliki banyak fungsi antara lain, mengatur seluruh hardware nan terintegrasi dengan CPU, memberi instruksi pada processor untuk mengerjakan permintaan users, mengatur segala proses yang terjadi dalam CPU dan menjadi platform guna menjalankan software aplikasi.

OS menjamin perangkat lunak yang berbeda mampu melaksanakan tugasnya masing-masing, tanpa mengganggu satu sama lain. Di sini dapat Anda lihat kemampuannya dalam mengelola penjadwalan, di mana tiap aplikasi yang berjalan bersamaan bisa mendapatkan waktu nan cukup untuk memanfaatkan CPU.

Biasanya, OS hanya memberi ijin pada perangkat lunak untuk mengoperasikan satu aplikasi dalam satu waktu. Tapi, ada beberapa yang menjadi multi-tasking operating system atau mengijinkan berbagai aplikasi berjalan secara bersamaan. Tidak perlu berlama-lama, berikut beberapa macam OS yang paling banyak digunakan di dunia saat ini:

Microsoft Windows

Operating System yang diciptakan oleh Microsoft Corporation ini menggunakan antarmuka berbasis Graphical User Interface (GUI). Versi pertama dari OS ini adalah Windows Graphic Environment 1.0, sedangkan versi mutakhirnya ialah Windows 10. Ia mempunyai banyak kelebihan, di antaranya user friendly, instalasi aplikasi lebih mudah, mempunyai banyak dukungan driver dan masih banyak lagi. Tapi, harga lisensi Windows terbilang mahal dan sistem keamanannya kurang maksimal.

UNIX

Ia termasuk salah satu produk yang diciptakan oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Penamaan sistem operasi yang digarap mulai tahun 1965 oleh AT&T (American

Macintosh Operating System

Disebut juga dengan Mac OS, ia dirancang secara khusus untuk komputer-komputer Macintosh. Sistem operasi pertama yang memanfaatkan GUI ini diluncurkan pada tahun 1984. Ia sangat cocok bagi users yang mengutamakan eye-candy. Selain itu, tingkat keamanan Macintosh juga amat tinggi dan sulit ditembus virus. Tapi, bisa dikatakan ia paling tepat dipakai oleh para desainer grafis dan kurang cocok jika hanya digunakan sebagai aplikasi server serta untuk bermain game.

2. Software Pengolah Kata

Sesuai namanya, program atau aplikasi ini digunakan untuk kebutuhan tulis menulis. Beberapa contohnya, yaitu:

Lotus Word Pro

Dibuat oleh International Business Machine (IBM), aplikasi ini mempunyai kelebihan, filenya bisa dibuka serta disunting memakai Microsoft Word. Ia juga dilengkapi fasilitas Helpful Menu Finder yang gunanya untuk membantu menemukan instruksi-instruksi yang sesuai dengan Microsoft Word dan Word perfect.

OpenOffice Writer

Aplikasi berlisensi gratis (freeware) ini bersifat multiplatform alias dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, Unix, Mac OS dan Solaris. Fitur yang dimiliki serupa dengan Microsoft Word, sehingga pengguna baru tidak akan kesulitan untuk memakainya. Data yang dibuat melalui OpenOffice Writer pun bisa dibuka dan diedit di Microsoft Word, begitu sebaliknya.

Star Office Writer

Sama halnya dengan OpenOffice Writer, program ini juga bersifat multiplatform. Ia mampu mengkonversi file dari Microsoft Word dan Word Perfect. Selain itu, di dalamnya terdapat banyak contoh memo, surat, fax, resume serta dokumen.

Corel Wordperfect

Keunggulan aplikasi Wordperfect terletak pada harganya yang lebih murah dibanding Microsoft Word. Ia juga bisa membaca file dari program tersebut. Tapi, kekurangannya, yakni memerlukan spesifikasi hardware yang lebih tinggi, minimal Pentium III dengan memory 128 MB.

Microsoft Word

Anda pasti tidak asing dengan aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation ini. Ia biasanya sepaket dengan program Microsoft Office lain, seperti Excel, Power Point dan sebagainya. Aplikasi tersebut membawa banyak kelebihan, mulai dari pemakaiannya yang mudah (user friendly), fitur lengkap dan bisa dipakai untuk membuat berbagai macam dokumen, antara lain buku, surat, publikasi serta gambar sederhana. Tapi, satu software Microsoft Word harus diinstal untuk satu komputer. Pengguna pun harus membayar lisensi yang tidak murah.

3. Software Pengolah Angka

Program ini digunakan untuk mengerjakan segala hal yang berhubungan dengan angka atau perhitungan. Ia dapat menemukan jawaban atas rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian. Nah, di bawah ini beberapa contoh aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang cukup populer:

Kspread

Aplikasi pengolah angka tersebut bersifat bebas terbuka (open source) dan multiplatform. Ia memiliki tampilan yang dilengkapi menu dan navigasi, sehingga mudah digunakan. Kelebihan lainnya, yaitu Kspread mampu mengurutkan angka, melakukan perhitungan hingga lebih dari 100 fungsi dan bisa memuat banyak lembar kerja serta tabel dalam satu dokumen.

Star Office Calc

Tidak berbeda dengan Kspread, program yang dibuat oleh Sun Micro System ini juga bersifat multiplatform. Ia dapat mengenali serta mengklarifikasi data-data pada lembar kerja untuk diterjemahkan ke dalam bentuk grafik. Selain itu, Star Office Calc mampu mengkonversi file ke dalam dokumen Excel.

OpenOffice Calc

Satu lagi software yang bersifat open source dan multiplatform nan berguna untuk mengolah angka. OpenOffice Calc ialah aplikasi freeware, sehingga siapa pun bisa menginstal dan mengoperasikannya tanpa harus membayar lisensi. Ia memiliki user interface yang mirip dengan Microsoft Excel, terutama penempatan menu-menu dan toolbarnya.

Lotus 123

Ia masih satu keluarga dengan Lotus Word Pro. Keunggulannya, yakni Lotus 123 memiliki fitur yang lengkap dan mampu bertukar dokumen dengan Microsoft Excel.

Microsoft Excel

Aplikasi yang satu paket dengan Microsoft Word ini mempunyai tampilan nan user friendly, dilengkapi menu-menu standard dan fitur yang dibutuhkan untuk pengolahan angka. Karena bersifat shareware, pengguna harus membayar lisensi supaya bisa menjalankannya.

 

Contoh-Contoh Program Bantu (Utility) :

  • Pengakses internet(WEB)

Pengakses internet adalah perangkat lunak (software) yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet dan file-file berupa musik, teks, gambar dll yang tersedia di internet.Terdapat beberapa macam web browser yang dapat kita pakai untuk menampilkan halaman-halaman website antara lain :
1. Microsoft Internet Explorer
Browsers_003Internet Explorer yang merupakan web browser bawaan dari OS Microsoft itu sendiri. Internet Explorer yang sering dikenal dengan singkatan IE/MSIE ini menurut para ahli merupakan web browser yang mudah disusupi oleh virus, trojan dsb. Selain itu kelemahan dari IE yakni browser ini tidak dapat berjalan selain di Windows. Sekadar info pengguna IE merupakan paling banyak karena banyaknya yang menggunakan OS Microsoft yang otomatis membuat IE menjadi yang paling banyak penggunannya.Software Internet Explorer ini dapat di download disini

2. Netscape Navigator
Netscape-iconNetscape Navigator merupakan browser web yg terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan IE (Internet Explorer) dari Microsoft yg dibuat oleh Netscape Corporation.
Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkat paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator yang menggabungkan Navigator, clien E-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakuisisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefoxkesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

  1. Mozilla Firefox

mozilla-firefoxInilah pesaing berat bagi web browser buatan Mas Bill Gates (MIcrosoft). MOzilla Firefox yang icon-nya bergambar rubah api ini merupakan web browser paling favorit saat ini. Mozilla Firefox dibuat oleh Mozilla Foundation. Web Browser ini gratis dan dapat diunduh oleh siapapun. Browser ini dilengkapi oleh Add-ons dan Plugins untuk menambah kinerjanya. Tapi hati-hati apabila ingin menambah Add-ons ataupun meng-install plugins karena pernah diuji oleh pembuat AVIRA di Jerman bahwa Mozilla Firefox dapat disusupi trojan berbahaya melalui install plugin-nya.
Tapi ini tak membuat Firefox sepi peminat bahkan Firefox banyak menerima award.

4. Opera
88091515Opera merupakan browser buatan Opera Software company. Opera juga terkenal aman dan Opera memiliki keistimewaan bebas dari pop-up. Opera menyediakan browser bagi handphone, ini yang membuat Opera menjadi browser favorit selain Firefox

  • Jenis Jenis Lisensi Software

Lisensi Commercial
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta.

Lisensi Trial Software
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.

Lisensi Non Commercial Use
biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu.

Lisensi Shareware
mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil

Lisensi Royalty-Free Binaries
serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.

Macam Macam Software Anti Virus 

  1. AVG Free Edition 9.0.704
    Antivirus ini cocok dipakai pengguna komputer rumahan. Software ini dibuat oleh perusahaan Grisoft ini pertama kali dikeluarkan sekitar tahun 1991. AVG cukup serius menangani permasalahan virus. AVG juga dilengkapi anti-spywareyang memiliki banyak kegunaaan seperti mendeteksi dan mencegah spyware,adware, trojan , virus, worm, hijacker, spy-bot, pop-up dan memblokir software dari situs yang berpotensi berbahaya ketika terhubung internet.

    2. Avast! Professional Edition 5.0.252 Beta
    Avast ditujukan untuk pengguna rumahan. Avast mendapat penilaian bagus dari beberapa situs downlad untuk sistem keamanan terhadap virus. Avast dikembangkan oleh ALWIL Software yang berpusat di Prague, Republik Ceko. Keunggulan dari Avast yaitu kemampuan mengatur pendeteksian file ketika men-download file, instant message, atau e-mail. Serta fitur seperti anti-rootkit dan anti-spyware.

    3. Avira AntiVir Premium 9.0.0.452 Full
    Avira merupakan antivirus yang ditujukan untuk pengguna komputer rumahan dan tidak dianjurkan untuk perusahaan. Dikembangkan oleh perusaah Jerman yakni “H+BEDV Datentechnik GmbH”. Keunggulan Avira adalah mampu mendeteksi virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus lain, pemakaian memori yang relatif kecil, fasilitas mencari nama virus yang terdaftar dan update virus definition yang relatif cepat. Avira juga mampu mendeteksi virus trojan atau worm virus.

    4. Kaspersky Internet Security 2010
    Dikembangkan oleh Kaspersky Lab yang berpusat di Moskow, Russia. Pada tahun 2005 Kaspersky termasuk 100 perusahaan yang berperan penting dalam inovasi teknologi.
    Saat ini Kaspersky antivirus merupakan antivirus paling banyak digunakan.

    5. Smadav
    Smadav adalah antivirus asli buatan Indonesia. Bertujuan untuk mengamankan komputer Anda dari serangan virus lokal. Keunggulan dari Smadav antara lain scanning virus yang cepat, secara otomatis men-scan flashdisk dengan cepat, dan auto update di Vista dan Win 7.

    6. PCMAV 2.2a
    Sama seperti Smadav, antivirus ini adalah buatan anak bangsa. Dibuat oleh PC Media. Antivirus ini bisa di dapat juga dari majalah PC Media atau Koran PC Mild. Antivirus ini diklaim sebagai antivirus terbaik buatan Indonesia. Keunggulan PCMAV adalah adanya engine hooking RTP dan selalu meng-update virus-virus yang merajalela di Indonesia.

    7. McAfee Total Protection 2009
    Dibuat oleh McAfee Inc. yang berpusat di Santa Clara, California. Keunggulannya adalah easy to use, adanya anti-spam dan anti-spyware, cepat dalam proses scanning, dan adanya system guards.

    8. Norton Internet Security 2010
    Dikembangkan oleh Symantec Corp. Antivirus ini menawarkan keamanan komputer, web, backup dan alat pemeliharaan komputer. Norton memiliki pelindung terhadap virus, trojan, spyware dan adware.

 

 

 

Sumber :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3987343

https://masterlinkweb.wordpress.com/artikel-tentang-perangkat-lunak-atau-software/

https://putriariestaayukinasih.wordpress.com/2013/04/06/30-macam-macam-software/

http://zahrotulamalia.blogspot.com

Print Friendly, PDF & Email