Komputer dan Hardware Di Masa Depan

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer

Software
 
Softwareatau di bahasa indonesia di sebut juga Perangkat lunak berfungsi untuk memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan berbagai perintah. Selain itu software dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut :
  • Sistem operasi : Perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen mesin komputer. contoh dari sistem operasi ialah microsoft windows, macintosh, linux, dan unix.
  • Program aplikasi : Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada suatu bidang. Contoh dari program aplikasi ialah MS.Word, MS. Excel, MS. Power point dan masih banyak lainnya.
  • Utillity atau program bantu : Suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. contoh dari utillity ialah : Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, Anti Virus dan lain-lain.
  • Bahasa Pemrograman : Atau lebih dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer. contoh bahasa pemrograman : Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan masih banyak lagi.
 Hardware
 
Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat keras adalah salah satu dari ketiga komponen utama pembangun sistem komputer yang berwujud alias alatnya dapat kita lihat dan dipegang. Hardware mempunyai fungsi untuk  mendukung proses komputerisasi. Contoh hardisk yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari seperti Monitor, Speaker, Keyboard, Mouse dan masih banyak lagi.
Hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu
  • Input Device ( Perangkat Masukan ) : Berfungsi untuk memasukan data baik berupa gambar, teks, video, ke dalam komputer. Contoh dari Input Device yang sering kita jumpai : Keyboard, Webcam, Mouse, scanner dan lain sebagainya
  • Processor ( Perangkat Pengolah Data ) : Berfungsi untuk mengolah data yang diperoleh dari input device, setelah itu diproses dan diteruskan kepada output device. Contoh dari Perangkat pengolah Data : CPU ( Central Unit Processor ) dan Microprocessor.
  • Output Device ( Perangkat Keluaran ) : Berfungsi untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukan dengan Input Device. Contoh dari Output Device yang sering kita jumpai : Monitor, Speaker, dan Printer.
1. CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.

2. Motherboard (Mainboard)

Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.

3. Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

4. Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

5. Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

6. RAM (Random Access Memory)

Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

7. Harddisk

Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

8. Processor

Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.

9. Power Supply 

Power Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.

10. LAN Card (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.

11. AGP Card (Accelerated Graphics Port)

AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.

12. VGA Card (Video Graphics Accelerator)

VGA Card (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

13. FDD (Floppy Disk Drive)

FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.

14. Joystick

Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

15. Printer

Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.

16. CD ROM / DVD ROM

CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

17. Scanner

Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
Trend Komputer dan Hardware di Masa yang akan datang/ Masa Depan

1. Komputer Pena

Sulit dipercaya memang dari segi bentuk maupun model dari Kecanggihan Teknologi Komputer ini. Namun percaya atau tidak inilah bentuk teknologinya. Coba perhatikan baik – baik pada gambar, bukankah ini hanya sebuah pena yang dilengkapi kamera? Janganlah berpikir demikian, Karena teknologi ini lebih hebat dari pemikiran kalian, lihatlah berikut ini beberapa fungsi dari pena ini dengan jelas.

Inilah yang disebut P-ISM (Bahasa Rusianya disebut tulisan) yang sebagaimana telah diklarifikasi oleh desainer terkemuka NEC sebagai sebuah “Pen-Style Personal Networking Gadget Package“. Mereka mengatakan konsep P-ISM ini merupakan paket komputer pena oleh pencakupannya meliputi 5 fungsi, yaitu :

  • Personal ID maupun password yang fungsinya sebagai identitas dari pengguna atau pemilik.
  • Proyektor kecil akan membuat ruangan yang dibutuhkan tidak banyak.
  • Virtual keyboard tanpa perlu tambahan inputan.
  • Bergaya pena yaitu cara penginputan data dengan cara tulisan tangan.
  • Kamera scanned berfungsi mendeteksi data serta pengguna.

P-ISM ini bisa tersambung pula dengan internet dengan menggunakan fitur fungsi yang ada pada gadget. Kecanggihan teknologi komputer ini mampu terhubung antara satu dengan yang lain menggunakan koneksi wireless terdekat. Teknologi personal yang bergaya pena minimalis ini memiliki fitur keren yang sangat lengkap. Dulunya dalam pikiran kita yaitu teknologi laptop yang mempunyai keyboard plus layar akan bertahan lama.

Namun lihatlah produk canggih ini, bisa dipastikan bahwa kertas dan pena merupakan alat tulis yang dapat bertahan dan diterima. Hanya masalah waktu saja semua ini akan dapat kita nikmati di Indonesia, mungkin 10 tahun kemudian.

2. Komputer Meja Masa Depan

Mungkin saat ini kita berpikir fungsi meja hanya sebagai alat dalam peralatan rumah tangga yang gunanya untuk meletakkan alat –alat perlengkapan tulis menulis, maupun sebagai suatu benda yang hanya mengisi kekosongan dalam interior ruangan. Tapi baru – baru ini, perusahan Microsoft telah membuat sebuah Kecanggihan Teknologi Komputer dengan diberi nama Microsoft Surface, dimana terdapat kombinasi antara komputer, kamera, meja, serta touch sensitive berukuran besar yang bisa dijangkau manusia untuk berinteraksi dalam berbagai aktivitas.

Seperti terobosan terbaru yang dilakukan Microsoft pada meja yang besarnya setara LCD 40inch touch screen, ditempatkannya sebuah Smartphone di atasnya, dengan sekejap Microsoft Surface mendeteksi perangkat tersebut kemudian menampilkaninformasi perihal perangkat tersebut, serta menyarankan model lain yang mungkin saja akan dipertimbangkan untuk pengganti. Dari Info yang beredar, Microsoft akan merilis komputer meja masa depan dengan harga yang telah di konfirmasikan sebesar $8.900.

3. Komputer Meja Interaktif

Sebernarnya Kecanggihan Teknologi Komputer ini hampir sama dengan Microsoft Surface. Teknologi ini merupakan sebuah meja interaktif EXOdesk yang dapat memudahkan kita untuk melakukan kegiatan dengan virtual space. EXOdesk tersebut merupakan kompilasi tabletop computer dengan layar definition high 40inch. Penggunaan virtual object ini adalah dengan cara menyentuh dan tarik (dragging).

4. Komputer Cerdas

Dalam beberapa prinsip serta ciri – ciri dari Kecanggihan Teknologi Komputer pada masa 2017 ke depan yain lain yaitu akan lebih canggih serta lebih murah dan akan memiliki kemampuan hebat diantaranya berpikir , melihat, bebicara, dan mendengar , juga akan mampu mengambil sebuah kesimpulan seperti manusia. Dalam hal ini dapat diartikan bahwasa komputer ini sudah memliki kecerdasan buatan yang telah mendekati kemampuan serta perilaku dari manusia.

Kelebihan yang akan ada lagi di Kecanggihan Teknologi Komputer di masa 2017 ke depan yaitu kecerdasan untuk memprediksi akan suatu hal kejadian yang kemungkinan terjadi dalam waktu dekat, dengan bentuknya yang lebih mungil dan dapat berkomunikasi dengan manusia langsung. Karena sudah dilengkapi dengan panca indera seperti pendengaran, pengecap, penglihatan, dan pendeteksi (perasa).

5. Mouse masa depan yang bisa mengontrol dunia 3D Terinspirasi oleh aplikasi dan games 3 dimensi (3D), perusahaan teknologi Cambridge Consultans menciptakan sebuah tetikus (mouse) yang mendukung program 3D.

3D memang semakin populer, teknologi tersebut membuat navigasi atau suatu operasi tertentu menjadi lebih mudah. Nah kali ini ada para pakar dari Cambridge Consultants menyajikan konsep mouse Suma, suatu ide menarik bagaimana kita menavigasi dan mengontrol lingkungan 3D.

The Suma merupakan konsep masa depan Mouse futuristik yang dioperasikan dengan cara menggenggam, kemudian mengklik, diputar hingga memperbesar layar hanya menyentuh sisi mouse ke atas atau ke bawah dengan ibu jari.

6. Printer Masa Depan

Jika biasanya hardware printer menggunakan arus listrik dan juga tinta, namun di masa depan mungkin tidak akan ditemui printer seperti itu lagi. Dalam kompetisi desain Greener Gadget, printer RITI merupakan printer eco-friendly yang akan menjadi hit market printer computer dengan segera.

Printer RITI menggunakan ampas kopi atau teh untuk membuat print-out computer. Untuk menggunakan printer RITI tersebut, masukkan selembar kertas, tempatkan ampas kopi atau teh ke dalam casing tinta di bagian atas printer. Lalu gerakkan casing tinta ke kiri dan kanan untuk mencetak gambar. Semuanya dilakukan tanpa menggunakan listrik, menurut laporan dari Greener Gadget.

Oleh karena printer RITI hanya bekerja secara manual, maka printer tersebut tidak ideal untuk project besar, dan hanya dapat mencetak hitam dan putih. Coba bayangkan untuk cetak APBD yang setebal itu, bisa membuat lumpuh tangan. Namun, secara keseluruhan printer RITI tersebut lebih hemat biaya pembelian tinta dan penggunaan listrik

7. Finger Phone

Apakah kamu pernah berbicara dengan tangan Kamu? Kalau begitu, konsep ini mungkin tepat untuk ponsel kamu. Sentuhan jari di perangkat mobile dapat dipakai untuk mengetik. Tidak termasuk ibu jari, masing-masing sendi jari membuat sampai dengan 12 tombol untuk input.

 

Sumber

http://wendyandriyan.blogspot.co.id/2014/10/macam-macam-perangkat-keras-pada.html

Print Friendly, PDF & Email